Bawaslu Lebong Loloskan Pengurus Partai ke Panwascam?

LEBONG, sahabatrakyat.com Dua peserta seleksi Anggota Panwascam yang dinyatakan lolos oleh Bawaslu Kabupaten Lebong diduga adalah kader bahkan pengurus salah satu partai politik.
Data yang diterima sahabatrakyat.com, kedua nama itu masing-masing berinisial H dan B. Nama keduanya juga tercatat sebagai pengurus parpol di tingkat kecamatan.
Terkait hal itu Ketua Bawaslu Jefriyanto SP mengatakan pihaknya sudah menyelenggarakan tahapan dan proses seleksi sebagaimana diatur dalam Pedoman Pembentukan Panwas Kecamatan Nomor 0883 tahun 2019 dengan tahapan seleksi administrasi, dengar pendapat masyarakat, tes tertulis metode online dan wawancara.
“Dengan persyaratan juga peserta membuat pernyataan di atas materai tidak tergabung dalam partai politik,” ujarnya kepada sahabatrakyat.com Sabtu (21/12/2019) di ruang kerjanya.
Jika ada pengaduan masyarakat disertai bukti, lanjut Jefrianto, Bawaslu akan melakukan pendalaman data untuk membuktikan dugaan apakah kedua nama yang dimaksud adalah benar terlibat atau tidak dalam parpol.
Jika terbukti, kata Jefriyanto, maka yang bersangkutan bakal didiskualifikasi. Selanjutnya diganti dengan peserta dengan nilai tertinggi di bawahnya saat seleksi.
“Ya kita adakan klarifikasi, seandainya terjadi kita berhentikan. Karena mereka mempunyai hak jawab,” tandasnya.


Pewarta: Aka Budiman