Ini Dia 16 Finalis Festival Lagu Pop Melayu Daerah Bengkulu Utara II


BENGKULU- Sebanyak enam belas finalis Festival Lagu Pop Melayu Daerah Kabupaten Bengkulu Utara II Tahun 2018 se-Provinsi Bengkulu siap menunjukkan kemampuannya di panggung Live PERFORMANCE FLPMD II yang dijadwalkan pada 3 November 2018.
Ke 16 finalis tersebut sebelumnya telah mengikuti tahapan yang cukup panjang. Dimulai audisi, seleksi administrasi dan kelengkapan personality, kemudian audisi kemampuan dan talenta khusus yang telah dilaksanakan tanggal 21-22 Oktober 2018 yang lalu.
Para finalis tersebut merupakan hasil seleksi dari 64 peserta audisi yang berasal dari 19 kecamatan/kota se-Bengkulu Utara dan 4 kabupaten/kota Se-Provinsi Bengkulu.  Mereka bakal unjuk kemampuan mendendangkan karykarya musisi Rejang, Pekal dan Enggano.
Sebelum masuk ke tahapan final, masing-masing telah dibekali pembelajaran, pembekalan dan pelatihan baik olah vocal, koreografer, psikologi dan broadcasting dari para mentor yang berpengalaman di bidangnya.
Tujuannya adalah agar masing-masing finalis dapat mengembangkan potensi dan kemampuan mereka serta dapat memberikan penampilan terbaik di babak final yang akan digelar di Gedung Balai Pertemuan Ratu Samban Arga Makmur.
“Top 16 finalis FLPMD II Tahun 2018 ini terdiri dari 10 penyanyi pemula atau pendatang baru yang bertalenta, 3 penyanyi profesional weding singer dan 3 penyanyi dengan segudang prestasi baik tingkat daerah maupun nasional dari berbagai latar belakang genre musik dan karakter yang berbeda,” jelas Ketua ARTFI Bengkulu Utara Romansyah Sabania.
Berikut 16 Top Finalis FLPMD Kabupaten Bengkulu Utara II Tahun 2018 se-Provinsi Bengkulu yang lolos ke Babak Live Performance:
1. 021023 JONI PRANATA asal Desa Tanjung Putus Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara.
2. 021046 PUTU NOVITA .A.N asal Desa Suka Makmur Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara.
3. 021035 FARAH SABILLA asal Desa Arga Mulya Unit 4. Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.
4. 021049 SITI NURKAYAH asal Desa Padang Jaya Unit. 3 Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.
5. 021038 YOVI SETIAWAN asal Desa Air sukamanak Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara.
6. 021090 JONI PITER asal Desa Teluk Ajang Kecamatan Air Padang Kabupaten Bengkulu Utara.
7. 021026 RIKO RISKANDI asal Desa Taba Tembilang Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara.
8. 021051 EKA PRAMA SARI asal Desa Taba Baru Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara.
9. 021042 INAYATI asal Desa Pagardin Kecamatan Ulok Kupai Kabupaten Bengkulu Utara.
10. 021069 YULIUS AJUIN .P asal Durian Daun Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara.
11. 021082 RHANDA SEPTIAN. M asal Penurunan Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu.
12. 021079 RINDI HARTATI asal Desa Tepi Laut Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara.
13. 021088 SAFARI RAMADHAN asal Desa Kertapati Kecamatan Air Besi Kabupaten Begkulu Utara.
14. 021077 RIDHO PRAYUDA asal Desa Gunung Selan Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara.
15. 021027 BUNG KARO asal Desa Talang Jambu Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara.
16. 021014 ANGGI PERWIRA W.K asal Desa Penanding Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Begkulu Tengah.

Ketua ARTFI Bengkulu Utara Romansyah Sabania

Adapun dewan juri Festival Lagu Pop Melayu Daerah berasal dari profesi seni yang memiliki kapasitas memadai untuk menjadi penilai pada pelaksaan even ini,  di antaranya:
1. Ketua Dewan Juri Jamaris Martha Maestro sekaligus senior seni bidang vocal dan karya cipta lagu daerah pengamat musik daerah nusantara pelatih vocal penggagas dan kontributor album pertama lagu daerah Propinsi Bengkulu dan melahirkan banyak penyanyi daerah yang hadir di kanca nasional dan international.
2. Endang Rahmat (Ndank Yatim), musisi dan komposer music pencipta lagu prestasi music baik di tingkat daerah, provinsi bahkan nasional. Memiliki lingkungan komunitas seni baik di daerah maupun nasional; sebagai duta seni dan budaya mewakili daerah-daerah Provinsi Bengkulu pada even nasional, mentor sekaligus pelatih dol dan perkusi Provinsi Bengkulu Sound Engenering pengamat serta pengamat musik Propinsi Bengkulu.
3. Mulyadi Backtiar (Dang Leman), seniman dan budayawan Provinsi Bengkulu, pelaku dan penggiat seni daerah Provinsi Bengkulu, musisi dan pencipta lagu daerah Provinsi Bengkulu, penggagas kegiatan seni dan budaya daerah Provinsi Bengkulu, pengamat dan pemerhati musik dan lagu daerah nasional nusantara, presenter, entertainment dan broacaster Provinsi Bengkulu.


Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire