Kades Tasikmalaya, Curup Utara, dan Program Kepemudaannya

Antoni
Antoni

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Sosok kepala desa merupakan panutan sekaligus sebagai seorang pemimpin yang diberi kepercayaan oleh masyarakat desanya. Hal itu disadari betul oleh Antoni, kepala Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara.

Meski baru memangku jabatan sekitar tiga bulan, pria 31 tahun itu sudah siap dengan program kerja untuk membangun desanya. Tak hanya pembangunan fisik, Antoni juga punya program membangun sumber daya manusia, khususnya para pemuda dan pemudi di desa yang dia pimpin.

Menurut Antoni, para pemuda di desanya punya potensi besar yang bisa mendorong perubahan dan kemajuan bagi desanya. Ditemui di kediamannya, Selasa (29/11/2016), Antoni mengatakan, program unggulan bagi pemuda-pemudi di desanya berupa pelatihan dan penanaman jiwa kepemimpinan.

“Pemberian skill kepada pemuda itu sangat perlu dikarenakan pemuda adalah generasi penerus yang perlu dibimbing dan diberdayakan untuk kemajuan desa,” ujar dia.

Antoni menambahkan, di Desa Tasikmalaya sendiri rata-rata perangkatnya juga masih berusia muda. Bahkan masih ada yang belum menikah.

“Ini bertujuan agar semua program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan bisa menjadi contoh bagi para pemuda di Desa Tasikmalaya. Bahwa yang muda juga bisa menjadi pemimpin dan bisa turut serta dalam memajukan program pemerintah terutama di pedesaan,” ungkapnya.

Saat ini, kata Antoni, organisasi kepemudaan di Desa Tasikmalaya, seperti karang taruna dan Risma, sudah berjalan dengan cukup baik dalam membantu program desa. Misalnya pada saat acara besar seperti 17 Agustus para pemuda di sini sudah memberikan kontribusi mereka. Begitu juga pada saat ada acara hajatan masyarakat, para pemuda  turut serta membantu demi suksesnya acara.

“Walaupun demikian kami tetap memberikan pelatihan agar dapat memberikan motivasi lebih kepada pemuda di desa ini supaya dapat menjadi pemimpin yang baik untuk ke depannya,” pungkas Antoni. (CW7)

 

Editor: Jees