Diduga Edarkan Sabu Bersama Rekannya, IRT Air Bang Diringkus Polisi  

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com-Tiada hentinya jajaran kepolisian Polres Rejang Lebong berhasil menangkap para pengedar narkoba yang kerap menjalankan bisnis barang haram tersebut di wilayah hukumnya, kali ini giliran seorang perempuan ibu rumah tangga (IRT) yang berhasil diringkus bersama rekannya oleh anggota Polsek Curup lantaran kedapatan mengedarkan narkoba jenis sabu.

Kapolres Rejang Lebong AKBP. Puji Prayitno melalui Kapolsek Curup IPTU. Samsudin menjelaskan IRT dan rekannya tersebut diamankan di salah satu rumah kontrakan yang terletak di kawasan Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah pada Minggu (9/5/2021) malam sekitar pukul 22.20 WIB.

Saat ini keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah mendekam di sel tahanan Mapolsek Curup dan Mapolres Rejang Lebong, sedangkan sejumlah barang bukti sudah diamankan untuk kepentingan penyidikan.

“Keduanya sudah ditahan untuk kepentingan penyidikan, berikut barang bukti, untuk pelaku perempuan dititipkan di sel tahanan Polres sedangkan rekannya laki-laki di Polsek Curup,”terang Samsudin.

Dilanjutkannya, dari tangan kedua pelaku penyidik mengamankan bukan hanya narkoba jenis sabu namun juga didapati ada narkoba jenis ganja yang siap hisap serta jumlah barang bukti lain yang menguatkan jika pelaku adalah pengedar narkoba dikawasan Rejang Lebong.

Masih menurut Samsudin yang didampingi langsung Kanit Reskrimnya IPDA. Didi Armanto, Senin (11/5/2021) adapun identitas para pelaku antaranya perempuan berinisial RF alias Reza (34 tahun) warga Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah dan seorang laki-laki berinisial ZPJ alias Jaya (23 tahun) warga Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Curup Tengah. Keduanya diamankan di rumah kontrakan yang ditempati pelaku RF.

Saat penangkapan anggota Polsek Curup juga turut mengamankan seorang laki-laki berinisial SB (38 tahun) yang saat itu berada di lokasi. Hanya saja saat dilakukan penggeledahan di tangan SB tidak ditemukan barang bukti, sehingga SB hanya berstatus sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Untuk SB statusnya sebagai saksi, saat penangkapan SB ini ada di lokasi dan terindikasi habis mengkonsumsi narkoba bersama para pelaku, SB kita tidak lakukan penahanan, namun wajib lapor saja,”ungkap Samsudin.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan Samsudin menjelaskan dari pelaku RF diamankan Narkoba jenis sabu dengan jumlah 10 paket sedang, 1 buah  bong/alat hisap sabu yang terbuat dari botol plastik yang berisi air. Serta uang tunai sebesar Rp.612.000.

Kemudian dari tangan pelaku ZPJ alias Jaya diamankan 1 bungkus rokok Sampoerna yang di dalamnya berisi 1 paket kecil ganja kering , 1 linting ganja kering, 7 lembar kertas papir, 2 buah korek gas.

“Semua barang bukti baik sabu maupun ganja masing-masing sudah diakui para tersangka adalah milik mereka, selain dikonsumsi berdasar keterangan mereka narkoba tersebut juga diperjualkan,” jelas Samsudin.

Selain itu diungkapkan oleh Samsudin, dalam penangkapan terhadap kedua pelaku tersebut, ada satu orang lainnya yang juga sebagai pengedar yang saat ini telah ditetapkan sebagai DPO oleh pihak Polsek Curup, pelaku berinisial BE tersebut berhasil kabur saat penggerebekan yang dilakukan pihaknya waktu itu.

Namun di rumah BE anggota Polsek Curup berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga kuat adalah milik pelaku.”Saat penangkapan itu ada 4 orang didalam rumah kontrakan tersebut, yakni tersangka RF dan ZPJ, kemudian saksi SB yang tidak dilakukan penahanan, kemudian ada pula pelaku berinsial BE yang juga pengedar, namun saat itu BE ini berhasil kabur meski sudah dilakukan pengedaran dan pelaku sudah ditetapkan sebagai DPO,” ungkapnya.

Barang bukti yang didapatkan di rumah BE yang terletak di sebelah rumah pelaku RF, anggota berhasil menemukan 1 tas punggung warna cokelat yang berisi 1 buah timbangan digital, 3 buah plastik klip ukuran sedang, 21 plastik klip kecil, 2 buah skop kecil yang terbuat dari pipet dan kesemuanya sudah diamankan di Mapolsek Curup untuk kepentingan penyidikan.(brn)