Hujan Es di Rejang Lebong, BPBD: Dampak Cuaca Ekstrim

Fenomena hujan es terjadi di Desa IV Suku Menanti Kec. Sindang Dataran, Rejang Lebong, Jumat (25/6/2021)/Foto: sahabatrakyat.com-brn

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Warga di wilayah Kecamatan Sindang Dataran, khususnya di Desa IV Suku Menanti atau lebih dikenal dengan Desa Air Lang, Jum’at (25/6/2021) sekitar pukul 13.00 WIB dikejutkan dengan fenomena langka yakni hujan es.

Fenomena langka ini langsung membuat kehebohan bahkan banyak warga yang dengan sengaja rela berbasah-basahan untuk melihat langsung kejadian hujan es yang melanda kawasan perkebunan kopi itu.

Seperti yang dijelaskan oleh Sekretaris Desa IV Suku Menanti Syarif saat dihubungi sahabatrakyat.com.”Memang tadi ada hujan es dan berlangsung sekitar 10 menit lamanya, esnya sebesar-besar kerikil dan cukup keras terdengar di atap rumah warga termasuk rumah kita,”sampai Syarif.

Diceritakan Syarif,, tiga hari belakangan memang kawasan Desa IV Suku Menanti saat siang hari dilanda hujan yang cukup deras, termasuk hari ini sehingga tidak menjadi hal aneh.

Hanya saja untuk kali ini hujan deras yang berlangsung secara tiba-tiba diikuti oleh turunnya butiran-butiran es yang besarnya seukuran krikil, hingga menarik warga untuk melihat langsung bahkan banyak yang mendokumentasikannya.

“Biasanya memang siang-siang itu hujan, sudah tiga hari ini selalu deras, tiba-tiba ditengah hujan itu, seperti ada batu krikil yang jatuh ke atap rumah dan banyak, setelah dilihat keluar ternyata es, dan ini terjadi seluruh hingga warga banyak tadi yang keluar rumah menyaksikan langsung,”ceritanya.

Menurut Syarif, hujan es yang terjadi di wilayah tersebut tidak menimbulkan kerusakan atau kerugian bagi warga. Selain itu kejadian hujan es di wilayah tersebut, lanjut Syarif, bukan kali pertama namun sudah pernah terjadi.

“Kalau seingat saya kejadian ini bukan pertama, dulu sudah lama sekali waktu saya masih kecil sempat ada juga hujan es disini, dan kembali lagi kali ini, alhamdulillah tidak ada kerusakan apapun dari kejadian ini,” akhir Syarif.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, M Budianto terkait hujan es yang terjadi di wilayah Desa IV Suku Menanti mengaku telah mendapatkan informasi dari relawan tanggap bencana yang ada di desa tersebut.

Hanya saja pihak BPBD belum memperoleh informasi pasti apakah ada kerugian materi atau kerusakan yang timbul akibat hujan tersebut.”Kami sudah dapat informasinya dari relawan tanggap bencana yang ada di Desa IV Suku, tapi kalau untuk kerugian atau kerusakan akibat kejadian tersebut belum diketahui pasti,” sampai Budianto.

Masih menurut Budianto, fenomena hujan es yang terjadi adalah dampak dari cuaca ekstrim yang saat ini masih terjadi. Hujan es di wilayah Kabupaten Rejang Lebong diungkapkan Budianto bukan pula kali pertama terjadi dan sudah beberapa kali terjadi di sejumlah wilayah.

“Sepengetahuan kami sudah beberapa kali terjadi di Rejang Lebong ini, bukan kali pertamanya, jadi masyarakat yang ada di wilayah tersebut tidak perlu panik atau khawatir dan kejadian ini salah satu dampak dari cuaca ekstrim yang terjadi,”akhir Budianto. (brn)