Lapas Curup Optimis Raih WBK/WBBM

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup optimis akan meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBPK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) setelah tim penilai internal Inspektorat Kemenkumham turun langsung melakukan penilaian pada Sabtu (24/4/2021).

Plt Kepala Lapas Klas IIA Curup Alfonsus Wisnu Ardianto kepada wartawan menjelaskan penilaian yang dilakukan oleh tim yang berjumlah tiga orang yakni Tatie Raini, Armansyah Razak dan Indah Widyasari berada di Rejang Lebong selama satu hari untuk melakukan penilaian sekaligus evaluasi kepada satuan kerja yang diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM.

“Hari ini (kemarin) tim penilai internal inspektorat jendral kemenkumham melakukan penilaian sekaligus mengevaluasi satuan kerja yang diusulkan wilayah bebas dari korupsi. Kalau hasil evaluasi layak, maka akan diusulkan ke Menpan RB karena yang memberikan predikat itu nanti adalah Menpan RB dan tentu kami sangat optimis,”terang Alfonsus.

Dilanjutkan Alfonsus, Tim Penilai internal selama berada di Lapas kelas IIA Curup bertemu dengan masing-masing Pokja yang berjumlah 6 Pokja guna memastikan item-item penilian benar-benar sudah layak. Diantaranya segi pelayanan, kemudian sarana prasarana termasuk berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Lapas.

“Menurut kami untuk saat ini Lapas kelas IIA Curup sudah cukup layak untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM, dan tentunya kami akan semakin meningkatkan kinerja terutama disegi pelayanan baik kepada warga binaan, tamu yang datang, keluarga yang membesuk dan lainnya,”lanjutnya.

Berdasar informasi yang diperoleh, untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM prosesnya tidak mudah, paska penilaian oleh tim internal Inpspektorat Kemenkumham, selanjutnya hasil akan dikirimkan ke Kemenkumhan dan ke KEMENPAN-RB RB.

Selanjutnya Lapas yang layak akan memberikan paparan di Kemenkumham sebelum nantinya tim dari Menpan RB kembali turun untuk melakukan penilaian akhir sebelum pemberian predikat WBK dan WBBM.

“Sekali lagi kita berharap Lapas kelas IIA Curup yang membawahi tiga Kabupaten yakni Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang di tahun 2021 ini bisa mendapatkan predikat WBK dan WBBM, sehingga pelayanan Lapas Kelas IIA Curup ini semakin lebih baik,” akhirnya. (brn)