Peduli Lingkungan, Kapolda Canangkan Penghijauan

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman MH mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu agar kompak melestarikan lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menanam pohon. Baik itu di kantor instansi pemerintahan maupun di pekarangan rumah.

Ajakan itu disampaikan Irjen Supratman saat mencanangkan gerakan penghijauan di seluruh jajaran Polda Bengkulu yang secara simbolis dipusatkan di halaman Polres Bengkulu Tengah, Jumat (10/01/2020).

Selain Kapolda, tampak Wakapolda dan pejabat utama Polda Bengkulu dan dihadiri Dandim 0407 Bengkulu, Bupati dan pejabat di lingkungan Pemda Benteng.

Kapolda mengatakan, selain mengatasi permasalahan polusi udara, pelestarian lingkungan mampu menjadi penangkal terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Pada kesempatan itu sejumlah bibit pohon yang dipilih merupakan tanaman yang bermanfaat dan menghasilkan. Di antaranya: durian, rambutan, lengkeng, jamaika, alpukat.

“Kami berharap agar masyarakat juga melakukan hal ini. Minimal satu rumah menanam 2 pohon. Mudah-mudahan, lingkungan di Provinsi Bengkulu akan asri kembali dan produksi oksigen akan lebih bagus,” kata Kapolda.

Kapolda Supratman menjelaskan, Polres Benteng sengaja dipilih karena saat ini sedang berlangsung pembangunan Polres Benteng. Sebab itulah, pada bagian halaman depan dan belakang kantor Mapolres ditanami pohon yang menghasilkan manfaat.

Kapolda Bengkulu canangkan tanam pohon di seluruh jajaran/Foto: tribratanewsbengkulu.com

Kapolda berharap, kegiatan penghijauan bisa ditindaklanjuti oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) ataupun Pemerintah Kota (Pemkot) melalui masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pemerintah diharapkan bisa lebih gencar mensosialisasikan pentingnya pelestarian lingkungan kepada masyarakat,” tandas Kapolda.

Sementara itu, Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH menyambut baik apa yang telah dilakukan Kapolda Bengkulu di Bumi Maroba Kite Maju.

“Saya berikan apresiasi kepada Polda Bengkulu. Ini inisiatif gagasan yang luar biasa, menanam pohon yang menghasilkan buah. Nanti empat lima tahun ke depan kita sudah bisa petik buahnya,” kata Bupati.

Menindaklanjuti apa yang dilakukan Kapolda, Bupati mengaku tak akan diam saja. Dirinya akan meminta OPD teknis, yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pertanian (Distan), Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) untuk duduk bersama guna menciptakan lingkungan yang asri dan bersih.

“Kita akan canangkan tanam pohon buah di setiap instansi. Kita juga mau tanam durian. Minimal dua pohon satu rumah,” kata Ferry.


Editor: Jean Freire

Sumber: Tribratanewsbengkulu.com