Pemkab Seluma Diminta Tinjau Ulang Galian C di Desa Arang Sapat

Ujang Cahya

SELUMA, sahabatrakyat.com- Konsorsium Nasional LSM Bengkulu meminta Pemkab Seluma meninjau kembali izin dan keberadaan aktivitas galian C di Desa Arang Sapat. Alasannya, aktivitas galian C tersebut sudah melewati titik koordinat yang sudah ditetapkan.

Permintaan itu disampaikan Koordinator Konsorsium Nasional LSM Bengkulu Ujang Cahya kepada sahabatrakyat.com, Jumat (9/7/2021). Ujang mengatakan permintaan itu juga akan disampaikan dalam rencana hearing dengan Bupati Seluma dan Kejari Tais dalam waktu dekat.

Ujang menguraikan galian C di Desa Arang Sapat dikelola
CV. RCA BERKA MANDIRI. Selain diduga sudah melewati batas atau titik koordinat, di lokasi itu juga nampak aktivitas penambangan perusahaan lain yakni PT. Roda Tihnikdo Purna Jaya.

Dengan kondisi itu, Ujang Cahya meminta Bupati Seluma meninjau kembali atau memastikan keabsahan izin galian C tersebut. Ia juga minta Bupati dan dinas terkait memanggil pihak PT. Roda Tihnikdo Purna Jaya guna mengklarifikasi aktivitasnya di lokasi.

“PT. Roda Tihnikdo juga harus mengklarifikasi kepada masyarakat dan media bahwa mereka bukan selaku perusahaan yang diperalat secara tidak prosedur untuk mengambil kekayaan alam di kawasan milik CV BERKA MANDIRI yang saat ini diduga masih bermasalah dengan pihak APH,” kata Ujang.

Ujang juga meminta kepada DPRD Seluma untuk menyikapi permasalahan tambang galian C di Desa Arang Sapat, Kecamatan Lubuk Sandi itu demi cegah konflik antar warga dengan pihak perusahaan.

“Kita juga minta Kejari membentuk tim terpadu untuk menggali dugaan pelanggaran hukum terkait aktivitas galian C tersebut,” kata Ujang.


Pewarta: Sukardianto