34 Jurnalis Ikuti Ujian Kompetensi

Ujian kompetensi wartawan di Bengkulu Utara baru-baru ini/firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Sebanyak 34 wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik, mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW) yang dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Utara. UKW IV se-Provinsi Bengkulu itu dilaksanakan di Balai Pertemuan Ratu Samban Arga Makmur selama 2 hari (30-31 Maret 2017).
Bupati Bengkulu Utara yang diwakili Asisten III Ramadanus, SE, MM, saat pembukaan UKW, mengatakan, media cetak, elektronik, radio, maupun online merupakan mitra pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.
“Media telah berperan aktif dalam pembangunan di Bengkulu Utara dan Provinsi Bengkulu terutama dalam menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat luas, saya berharap hubungan ini terus terjalin ke depannya,” katanya.
Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antoni, SH, MH mengatakan, bersama pengurus yang ada pihaknya akan terus berupaya agar ke depan UKW bisa dilaksanakan di Propinsi Bengkulu.
Jika UKW bisa dilaksanakan di Bengkulu, maka wartawan, khususnya yang tergabung dalam organisasi PWI, diharapkan bisa mengikuti UKW tersebut.
Ia menjelaskan, salah satu persyaratan seorang wartawan bisa mengikuti UKW adalah mereka harus tergabung dalam organisasi pers yang diakui oleh Dewan Pers dan itu dibuktikan dengan kartu keanggotaan yang masih berlaku.
“Jadi, mau organisasi apa pun, perkumpulan apa pun, wadah apa pun, kalau tidak diketahui Dewan Pers percuma,” ujar Zacky.
Secara kelembagaan, lanjut Zacky, semua perusahaan media harus diketahui atau terdaftar di Dewan Pers. Baik media eletronik, cetak, maupun media online, Dewan Pers akan sebutkan.
“Begitu pula UKW, itu jadi syarat mutlak,” tegas Zacky saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com usai acara penutupan UKW.
Menurut dia, di tahun 2017 ini PWI Bengkulu akan kembali mengadakan UKW. “Insyaallah. Kita lihat UKW yang telah kita laksanakan memang kuotanya dibatasi sebanyak 35 orang. Tunggu saja nanti kita informasikan,” tutup Zacky.
 
===============
Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire