Ajak Generasi Milenial Peduli Satwa Dilindungi


LEBONG, sahabatrakyat.com- Jumlah yang terus berkurang bahkan ancaman kepunahan masih mengintai satwa-satwa dilindungi. Sebut saja Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang diperkirakan hanya ada 400 individu. Upaya perlindungan secara berkelanjutan harus dilakukan dari generasi ke generasi.
Setidaknya begitu spirit dilaksanakannya Sosialisasi Pendidikan Konservasi Penyelamatan Satwa Dilindungi yang berlangsung di SMPN 06 Lebong, Kamis (5/9/2019).
Kegiatan yang diinisiasi Lingkar Institute Bengkulu–sebuah lembaga non pemerintah yang konsen terhadap isu lingkungan dan perlindungan satwa itu juga menghadirkan Tim Balai TNKS sebagai pembicara.
Menurut Kiswadi, direktur Lingkar Institute Bengkulu, tujuan kegiatan tersebut adalah memberi pengetahuan dan pemahaman kepada siswa betapa pentingnya menjaga satwa yang dilindungi. Selain karena populasinya yang terus susut, satwa-satwa itu juga penting menjaga ekosistem.
Kuswadi berharap kegiatan ini mendorong siswa-siswi sebagai generasi penerus bisa memahami dan ikut mensosialisasikan kepada orang di sekitarnya.

“Agar mereka tidak melakukan perburuan liar terhadap satwa langka sehingga ada keseimbangan ekosistem. Ini menjadi tugas kita bersama,” katanya.
Pada kesempatan itu Lingkar Institut juga mensosialisasikan Fatwa MUI Nomor 04 Tahun 2014 Tentang
Pelestarian Satwa Langka
Untuk Menjaga Keseimbangan Ekosistem.
Anggota Tim Lingkar Institut Lebong Arafik Sani, S.Sos menambahkan, lewat sosialisasi ini paling tidak bisa memberi pemahaman kepada kaum milineal agar lebih memperhatikan satwa-satwa liar dan turut menjaganya.
Kepala SMPN 06 Lebong
Arwen Wahab, S.PdI M.Pd mengatakan, pihaknya manyambut baik kegiatan ini. Ia juga berterima kasih kepada Tim Lingkar institut Bengkulu yang memilih sekolahnya sebagai lokasi sosialisasi perlindungan dan penyelamatan satwa yang dilindungi ini.
“Mewakili segenap dewan guru dan siswa/i SMPN 06 Lebong kami menyampaikan terimakasih kepada Tim Lingkar Institut dan rombongan Balai TNKS. Kegiatan ini kami rasa sangat bermanfaat untuk terus dilaksanakan,” katanya.


Pewarta: Jean Freire