Tergerus Arus Sungai, Rumah Warga Amblas

Sebagian rumah Neti, warga Nangai Tayau yang amblas akibat digerus Sungai Kotok/gambar WA Ari Afriawan

LEBONG, sahabatrakyat.com– Sejumlah peristiwa terkait bencana alam akhir-akhir ini menyita perhatian masyarakat dan pemerintah Kabupaten Lebong.
Banjir, misalnya, menjadi salah satu peristiwa yang seakan tiada henti. Sejumlah desa di Kecamatan Uram Jaya, Amen, dan Lebong Utara kini menjadi langganan tetap bencana banjir.
Yang terbaru adalah banjir yang melanda Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara. Ratusan rumah warga tergenang air keruh dan berlumpur yang berasal dari luapan Sungai Air Kotok setelah hujan deras melanda daerah ini.
Luapan air dari Sungai Air Kotok juga menggerus daratan di sepanjang daerah aliran sungai. Puncaknya Senin malam (2/4/2018), sekitar pukul 21.30 WIB, satu unit rumah nyaris roboh setelah sebagiannya amblas ke sungai lantaran lantai rumah yang terus digerus air.
Rumah nahas itu milik Neti (59 tahun), warga Desa Nangai Tayau (Muara Ketayu), Kecamatan Amen. Akibatnya, sejumlah perabotan dapur ikut hanyut dibawa arus sungai. Neti juga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.
Sementara itu puluhan tetangga dan warga sekitar yang mengetahui amblasnya separuh bagian rumah Neti tampak mendatangi TKP.


Penulis: Jean Freire