Dua DAS Meluap, Pemukiman dan Lahan Pertanian Desa Lemeu Terendam

Camat Uram Jaya, Iwan Jang Jaya SE yang turun memantau langsung banjir di Desa Lemeu dan sekitarya, Jumat (1/3/2019) malam/ist

LEBONG, sahabatrakyat.com– Setengah wilayah Desa Lemeu, Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong, Jumat (01/03/2019) sejak petang hingga malam terendam banjir. Banjir disebabkan meluapnya air Sungai Uram dan Sungai Ketahun setelah hujan deras mengguyur sejumlah wilayah, terutama di kawasan hulu sungai itu.
Tak seperti banjir sepekan sebelumnya, banjir pada Jumat tak hanya menggenangi badan jalan di desa itu tetapi juga sudah bertamu ke rumah penduduk dan areal persawahan. Di beberapa titik banjir mencapai kedalaman satu meter.
Kepala Desa Lemeu, Abdul Sumardi alias Abing yang dkonfirmasi sahabatrakyat.com, mengatakan, meluapnya Sungai Ketahun membuat Sungai Uram tidak dapat segera mengalir ke hilir. Air Uram yang juga naik justru mengalir lambat bahkan cenderung berbalik. Luapan air lalu meluber ke sisi kiri kanan DAS hingga menjangkau areal pertanian dan pemukiman.
Areal pemukiman warga Desa Lemeu yang terpapar banjir/ist

“Dari dua sungai, luapan sungai U’em dan Ketahun, kalau yang Ketahun itu istilah kami senok, meluap tidak temakan membalik ke desa,” tutur Abing.
Abing mengaku sudah setengah wilayah Desa Lemeu terendam. Kondisi tersebut sudah dia laporkan ke pihak terkait guna mendapat respon dan perhatian.
“Besok (Sabtu, 02/03/2019) dari Dinas Ketahanan Pangan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan cek sawah warga,” kata Abing.