Kapolda & Danrem Senada, Bengkulu Sangat Aman

Kapolda Bengkulu saat memeriksa kesiapan pasukannya dalam Apel Siaga yang digelar Rabu (30/11/2016)/foto istimewa
Kapolda Bengkulu saat memeriksa kesiapan pasukannya dalam Apel Siaga yang digelar Rabu (30/11/2016)/foto istimewa

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Pemerintah daerah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), tokoh masyarakat dan tokoh agama serta forum kerukunan umat beragama tak hentinya ‘pamer kemesraan’. Di Bengkulu, usai digelar pertemuan bersama dengan tajuk Nusantara Bersatu, mereka juga hadir dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan yang dilaksanakan di halaman Mapolda.

Menurut Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Yoviane Mahar, pertemuan lintas instansi bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama merupakan wujud soliditas dan kebersamaan. Ia juga meyakinkan, bahwa Bengkulu merupakan daerah yang aman dan nyaman.

“Tidak ada yang spesial, biasa saja. Kita semua punya semangat yang sama yakni bersama menciptakan rasa aman,” tutur Yovianes, usai pimpin apel gelar pasukan, Rabu (30/11/2016).

Kendati pengamanan dipersiapkan untuk 2 Desember nanti, pria kelahiran Palopo yang pernah menjabat Kadensus 88 Anti Teror Polda Bali sepuluh tahun lalu itu mengklaim di Bengkulu dipastikan aman dan tak ada aksi demonstrasi.

“Masyarakat akan gelar doa dan dzikir bersama, pasukan kita siap mengamankan kegiatan tersebut. Saya juga akan ikut dalam doa dan dzikir nanti,” ucapnya yang juga menerangkan bakal siagakan sekitar 300 personil.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Andi Muhammad menegaskan, pasukan TNI siap mem-backup pengamanan yang dilakukan Polda. Artinya, pasukan TNI akan bersama-sama melindungi masyarakat sehingga rasa aman tidak terusik. Namun, soal keamanan, dirinya memastikan bahwa di Bengkulu tidak ada potensi-potensi yang mengkhawatirkan.

“Bengkulu aman, sangat aman. Masyarakatnya juga rukun berdampingan, tidak ada yang dikhawatirkan,” singkat Danrem.

Menanggapi rencana aksi unjuk rasa pada 2 Desember nanti, dirinya yakin aksi yang digelar bakal damai dan aman. Pasalnya, menurut Andi, masyarakat Bengkulu dalam menyampaikan aspirasi secara cerdas dan patuh. Setidaknya, 3 SSK pasukan akan disiagakan membantu Polri dalam kegiatan dan pengamanan.

“Besok itu akan digelar do’a dan dzikir bersama, ini tentu perlu kita lindungi agar aman,” demikian Andi Muhammad yang kembali menegaskan tak perlu ada yang dikhawatirkan mengenai keamanan di Bengkulu.

 

Penulis : Jamal, Media Center Pemprov Bengkulu

Editor  : Jees