Pesan Rohidin di Pagelaran Seni Budaya KPU Provinsi Bengkulu

Pagelaran Seni Budaya Songsong Pemilu 2019/ist

BENGKULU- Guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Satu Tahun Penyelenggaraan Pemilu 2019, Sabtu 21 April, termasuk dilaksanakan KPU Provinsi Bengkulu, di Atrium salah satu Mall di Kota Bengkulu, Sabtu (21/04).

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan apresiasi tinggi atas dilaksanakannya Pagelaran Seni Budaya ini. Menurutnya, hal ini merupakan nuansa dan semangat baru yang ada di KPU, mengingatkan masyarakat bahwa pemilu itu bukan sesuatu yang terlalu menyeramkan karena ini merupakan pesta demokrasi dan kurang tepat jika dikatakan sebagai tahun politik.

“Jadi ini baru betul namanya pesta demokrasi yang di dalamnya ada unsur hiburan. Makanya kami senang sekali adanya pagelaran seni seperti ini, karena kena betul nuansanya. Penyampaian pesan politik dikolaborasikan dengan seni budaya,” ungkap Rohidin Mersyah.

Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu itu menambahkan, dengan adanya pagelaran seni tersebut, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu semakin meningkat. Serta didukung semakin solidnya kinerja pihak penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan.

“Agar kedaulatan masyarakat ini terjamin, integritas penyelenggara itu betul-betul nyata hasilnya, tolong jangan diracuni pemilih itu oleh partai politik dan calon-calonnya,” pungkas Rohidin Mersyah.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, selain meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu, Pagelaran Seni Budaya ini juga sebagai bentuk pemberitahuan kepada masyarakat bahwa pada 17 April 2019 nanti Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Nanti pada tahun 2019 serentak dua Pemilu yang akan kita laksanakan, yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Tentu ini memerlukan persiapan dan koordinasi yang lebih baik, sehingga pada 17 April 2019 nanti penyelenggaraannya bisa berjalan baik, aman dan sukses,” jelas Irwan Saputra.

Terkait pelaksanaan Pagelaran Seni Budaya, KPU sendiri telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: 115/PP.08-SD/06/KPU/II/2018 tanggal 5 Februari 2018. SE tersebut telah dilengkapi dengan Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pagelaran Seni Budaya dan Tema yang diusung yaitu “Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019”.

Sementara itu, dalam rangkaian Pagelaran Seni Budaya ini juga dilaksanakan perkenalan masing-masing Partai Politik dan Orasi dan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Bermartabat Pemilu Serentak Tahun 2019. Selain itu beberapa kesenian khas Bengkulu ditampilkan, seperti Kesenian Sarafal Anam dan Kreasi Musik Dol.


Editor: Jean Freire