KPU Bengkulu Utara Seleksi 136 Calon Relawan Demokrasi

Roges Marwansyah, ketua KPU Bengkulu Utara/Foto: MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara, sejak Jumat-Sabtu (18-19/01/2019) menggelar seleksi bagi calon relawan demokrasi Pemilu 2019. Proses rekrutmen yang sudah memasuki tahapan wawancara itu diikuti 136 peserta.
Ketua KPU Bengkulu Utara, Roges Marwansyah saat dibincagi diruang kerjanya, Sabtu (19/1/2019), menjelaskan ratusan peserta wawancara tersebut sebelumnya sudah lulus verifikasi persyaratan administrasi.
“Poin-poin penilaian wawancara ini yang paling penting pengetahuan tentang kepemiluan yang harus dipahami oleh relawan demokrasi, kemudian kemampuan berkomunikasi sehingga relawan demokrasi sebagai agen sosialisasi mampu menyampaikan pesan-pesan pemilu atau pendidikan pemilih kepada masyarakat,” papar Roges.
Lanjut Roges, dari 11 basis yang paling dominan diminati yakni basis pemilih pemula, basis emuda dan basis keluarga. Sedangkan yang sangat sedikit diminiati pelamar relawan demokrasi adalah untuk basis warganet.
Komisioner KPU BU Bejo saat mewawancarai peserta seleksi relawan demokrasi/MS Firman

“Minimnya pelamar relawan demokrasi dalam basis warganet karena dalam juknis disyaratkan minimal memiliki follower lebih kurang 2000. Untuk di kabupaten ini sepertinya masih kurang yang memiliki follower 2000, syarat inilah yang membuat minim pendaftarnya, untuk basis warganet hanya 1 pelamar yang memenuhi syarat,” katanya.
Roges mengatakan, jumlah relawan demokrasi yang dibutuhkan KPU Bengkulu Utara sendiri hanya 55 orang untuk penugasan se-Kabupaten Bengkulu Utara. Hasil wawancara sendiri dijadwalkan diumumkan pada Senin tanggal 21 Januari 2019.
Sementara itu salah seorang peserta Dwi Pristika Dismayani,  warga Desa Tanjung Anom, Kecamatan Giri Mulya, kepada sahabatrakyat.com mengaku dirinya ingin sekali membantu KPU mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula. “Karena itu saya memilih basis pemilih fomula, jelasnya.


Penulis: MS FIRMAN
Editor: Jean Freire