Akui Potensi Pulau Enggano, Dewi Coryati Siap Dukung…

Dewi Coryati

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com Sektor pariwisata di salah satu pulau terluar di Indonesia, yakni Pulau Enggano, sangat potensial untuk dijadikan destinasi wisata unggulan Kabupaten Bengkulu Utara.

Hanya saja selama ini Pulau Enggano kurang diperhatikan, sehingga potensi yang ada menjadi tidak maksimal. Padahal bila ini dikelola dan dikembangkan dengan serius wisatawan mancanegara maupun wisata lokal akan senang sekali datang ke sini.

Sekretaris Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Dra Ni Wayan Giri Adnyani M.Sc, CHE saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com usai membuka secara resmi Bimtek pendampingan kepariwisataan Politeknik Pariwisata Palembang di ruang pertemuan salah satu hotel di Bengkulu, belum lama ini mengatakan, destinasi wisata pulau terluar untuk tataran nasional tentunya tidak bisa memilah antara satu provinsi dengan provinsi lainnya tetapi pihaknya mengeluarkan kebijakan.

“Kebijakan itu adalah guiden yang bisa dipakai untuk semua provinsi dan destinasi wisata termasuk pengembangan pulaunya” paparnya.

Sekarang dikembalikan kepada daerah, karena destinasi wisata itu yang memiliki daerah, kalau kami dipusat tidak punya destinasi, sekarang bagaimana Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata mengembangkan destinasi wisata tersebut.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI DRH. Hj. Dewi Coryati, M.Sc, CHE mengatakan, untuk destinasi di Pulau Enggano ini memang adalah potensi desa wisata yang luar biasa, tetapi memang aksesnya sedikit kesulitan, kita berharap pemerintah bisa membantu untuk menguatkan wisata yang ada di Pulau Enggano tersebut.

“Untuk saat ini kita masih dalam pendemi covid-19, sehingga fokusnya belum ke sana tetapi muda-mudahan untuk kedepan tidak dilupakan untuk mempersiapkan dan mengembangkan destinasi wisata di Pulau Enggano. Saya siap untuk masuk pulau Enggano, sebelumnya saya juga pernah kesana dan menginap,” tutup Dewi.


Pewarta: MS Firman