Bantu Pelaku UMKM, BPN RL Serahkan 86 Sertifikat Gratis

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rejang Lebong, Senin (17/01/2022) menyerahkan sebanyak 86 sertifikat gratis kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di daerah tersebut. Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di ruang pola Pemkab Rejang Lebong oleh pihak BPN dan dihadiri langsung oleh Bupati, Ketua DPRD dan Kapolres Rejang Lebong.

Kepala BPN Rejang Lebong Jamaluddin, mengatakan sebanyak 86 penerima sertifikat gratis program BPN Pusat di tahun 2021 tersebut berasal dari 4 kecamatan dan 5 desa. Awalnya target sertfikat gratis bagi pelaku UMKM yang mereka ajukan ada sebanyak 250 sertifikat namun terealisasi hanya 86 sertifikat saja.

“Ini adalah program nasional, dimana kita mengajukan awalnya sebanyak 250 sertifikat, karena terkena recofusing anggarannya, maka terealisasi hanya 86 sertifikat saja, penerimanya ini seluruhnya adalah pelaku UMKM,”terang Jamaluddin.

Tujuan dari program sertifikat gratis bagi pelaku UMKM yang hanya ada di tahun 2021 tersebut, dilanjutkan Jamaluddin adalah untuk membantu berkembangnya usaha para pelaku UMKM yang selama ini kesulitan mendapatkan tambahan modal usaha lantaran terkendala sertifikat. Sehingga dengan adanya program sertifikat gratis bagi pelaku UMKM diharapkan usaha para pelaku UMKM dapat berkembang dan bertambah luas.

“Dengan adanya sertifikat kan bisa dijadikan tambahan modal usaha, harapannya usaha mereka seperti pelaku pembuat keripik, pengrajin kecil dan lainnya ini dapat bertambah berkembang, bisa dimanfaatkan sertifikatnya untuk mencari tambahan modal usaha,”sampai Jamaluddin.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembuatan sertifikat gratis bagi pelaku UMKM tersebut, pihak BPN Rejang Lebong menurut Jamaluddin berkolaborasi dengan Dinas Perindag, Kop, UKM dan Perindustrian Rejang Lebong pasalnya yang mendapatkan sertifikat gratis tersebut adalah para pelaku usaha yang datanya dari pihak Dinas tersebut.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi yang menghadiri langsung kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPN Rejang Lebong lantaran telah mendukung kemajuan usaha para pelaku UMKM yang ada di daerah yang dipimpinnya itu.

“Saya ucapan terima kasih kepada pihak BPN dengan program yang dilakukannya ini akan sangat berguna bagi para pelaku UMKM yang ada di Rejang Lebong,”terang Syamsul.

Syamsul sendiri berharap dengan adanya penyerahan sertfikat kepada para pelaku UMKM sebanyak 86 sertifikat tersebut dapat benar–benar dimanfaatkan bagi para penerima untuk bisa mengembangkan usaha mereka. Sesuai dengan tujuan dari program tersebut adalah untuk membantu para pelaku UMKM.

“Silahkan kalau mau dijadikan tambahan modal, digunakan untuk jaminan, karena harapannya dengan adanya sertifikat yang dimiliki para pelaku UMKM ini usaha mereka dapat lebih maju dan berkembang,” sampai Syamsul.(brn)