IRT Bandar Sabu Diringkus Polisi, BB Senilai Rp 1,2 Miliar Berhasil Disita

Bandar sahu

REJANG LEBONG,sahabatrakyat.com-Seperti menjadi kado manis diawal tahun bagi Polres Rejang Lebong khususnya Satres Narkoba dimana pada Selasa,04/01/2022 berhasil mengungkap sekaligus menangkap satu orang bandar besar narkoba di kawasan Kecamatan Binduriang yang selama ini telah meresahkan masyarakat.

Tak tanggung-tanggung bersama pelaku yang seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial FF (29) Warga Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang anggota Satres Narkoba Polres Rejang Lebong bersama Sat Intelkam dan Polsek Sindang Kelingi berhasil mengamankan dan menyita Narkoba jenis Sabu seberat 1Kg,250 gram  yang jika dirupiahkan nilainya mencapai Rp 1,2 Miliar.

Selain narkoba juga diamankan belasan juta uang tunai yang diduga kuat adalah hasil penjualan narkoba jenis sabun yang dijalani oleh pelaku.

Kapolres AKBP. Puji Prayitno melalui Kasat Narkoba IPTU. Susila kepada wartawan menjelaskan, awal terungkapnya kasus tersebut bermula pihaknya mendapatkan informasi pada Selasa, 04/01/2022 sekitar pukul 14.00 WIB jika diwilayah Binduriang tepatnya di kawasan Desa Simpang Beliti akan ada transaksi narkoba jenis sabu dalam jumlah besar.

Berbekal informasi tersebut kemudian anggota Satres Narkoba dibackup anggota Sat Intelkam dan Polsek Sindang Kelingi langsung mendalami informasi tersebut. Alhasil petunjuk menurut Susilo mengarah ke kediaman salah satu warga Simpang Beliti yang belakangan diketahui milik FF.

“Selasa siang kami dapat informasi adanya peredaran narkoba diwilayah Simpang Beliti, kemudian kami kembangkan dan mengarah ke pelaku, selanjutnya pada Selasa sore sekitar pukul 17.00 WIB langsung dilakukan penggrebekan dan berhasil mengamankan pelaku beserta sejumlah barang bukti yang salah satunya adalah Narkoba jenis Sabu senilai Rp 1,2 Miliar,”terang Susilo.

Dilanjutkan Susilo hasil penyidikan sementara ini diketahui dalam menjalankan profesinya sebagai bandar sejak Februari 2021 lalu, pelaku FF tidak sendiri, melainkan bersama sang suami, sayangnya saat drama penggrebekan, suami pelaku berhasil kabur, sementara pelaku yang saat itu berada didalam kamar berhasil diamankan bersama barang bukti sabu yang disimpang didalam kamar pelaku.”Suami pelaku berhasil kabur dan saat ini masih dalam pengejaran, barang bukti berhasil kita amankan didalam kamar pelaku, jumlahnya sangat banyak, dan pelaku ini dalam menjalankan profesinya tidak sendiri melainkan bersama suaminya,”jelas Susilo.

Mengenai pasal yang akan disangkakan kepada pelaku, disampaikan Susilo sang bandar yang sudah memiliki anak tersebut terancam hukuman mati sebagaimana pasal yang disangkakan yakni Pasal 114 ayat 2 Jo pasal 112 ayat 2 UU 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana hukuman mati, penjara seumur hidup atau pidana penjara selama 6 tahun maksimal 20 tahun.

Berdasar pantauan di SatRes Nakroba Polres Rejang Lebong Rabu (05/01/2021), terlihat sejumlah barang bukti yang sudah diamankan antaranya antaranya,- 8 ( Delapan ) paket besar narkotika jenis sabu di bungkus pelastik bening, – 22 (dua pulu dua ) paket narkotika sedang jenis sabu di bungkus plastik klip bening;  satu paket kecil narkotika jenis sabu dibungkus plastik klip bening,  satu buah paper bag warna putih yang bertuliskan whitening skin
unit handphone merk oppo warna hitam
,Satu ) buah wadah plastik warna abu-abu berisikan kristal bening diduga sabu, – uang tunai sejumlah Rp 18.740.00,  dua buah gelas kaca bening; dua buah cincin emas, ( satu, buah kalung , – 2 ( dua ) buah antigan , 1 ( satu ) unit timbangan digital warna hitam merk F1976.

Sedangkan pelaku FF sudah mengenakan baju tahanan narkoba Polres Rejang Lebong dan masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik.(brn)