Launching di Kodim, RL Siap Penuhi Target

REJANG LEBONG,sahabatrakyat.com- Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kembali bergerak melaksanakan gebrakan vaksinasi masal. Kali ini yang menjadi sasaran adalah anak usia 6-11 tahun atau anak-anak sekolah dasar sederajat di wilayah tersebut..

Gebrakan vaksinasi masal pada anak U 6-11 tahun tersebut, pelaksanaannya dimulai dengan launching yang digelar di halaman Makodim 0409 RL pada Kamis, 6/1/2022 dengan jumlah peserta sekitar 300 orang anak anggota TNI yang ada di Rejang Lebong. Pelaksanaan launching sendiri dihadiri langsung oleh Bupati Rejang Lebong yang diwakili Staf Ahli Bupati Dharmansyah, Ketua TP PKK Rejang Lebong Hartini Syamsul, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Bhayangkara, serta Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan, Kadis Kesehatan Rejang Lebong dan beberapa pejabat lainnya.

Kasdim 0409 RL Mayor Arh. M Zaini Nurdin disela-sela kegiatan launching menjelaskan kepada wartawan jika Kodim dipercaya menjadi tempat pelaksanaan Launching kegiatan vaksinasi siswa/siswi usia 6-11 tahun dengan melibatkan target 300 anak.”Ini Launchingnya dilaksanakan di Kodim, kemudian pesertanya adalah anak-anak dari Kodim sekitar 213 anak, ditambah dengan anak-anak se garnezun, hari ini sudah disediakan 300 vaksin, dan tidak jika kurang di Dinas Kesehatan masih ada stok,”terang Kasdim.

Usai pelaksanaan Launching, menurut Kasdim selanjutkan kegiatan vaksinasi tidak lagi dilaksanakan di Kodim, namun diarahkan ke Rumah Sakit DKT, kemudian pula akan diarahkan ke lokasi-lokasi yang sudah disepakati menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi.”Setelah hari ini, tidak lagi disini namun di RS DKT, termasuk di Koramil tidak ada kegiatan vaksin, namun anggota siap bantu masyarakat yang ingin vaksin,”jelas Kasdim.

Sementara itu Kadis Kesehatan Rejang Lebong Syahfawi menerangkan terkait dengan target sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi masal anak U 6-11 tahun di kabupaten tersebut adalah sebanyak 27.053 anak yang harus di vaksinasi.”Hari ini kita sudah melaksanakan launching vaksinasinya yang difasilitasi oleh Kodim 0409, target kita untuk vaksinasi anak U 6-11 tahun ini di Rejang Lebong ada sebanyak 27.053 anak,”terang Syahfawi.

Selanjutnya untuk mencapai target dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, pihak Dinas Kesehatan menurut Syahfawi telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi di sekolah-sekolah dasar baik negeri maupun swasta mengingat target usia vaksinasi adalah anak-anak sekolah dasar.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan untuk bisa membantu memfasilitasi kegiatan vaksinasi di sekolah-sekolah dasar yang ada di Rejang Lebong ini, karena target sasaran kita ini anak usia SD, bukan hanya saja sekolah negeri yang kita sasar namun juga seluruh sekolah dasar yang ada,”lanjutnya.

Syahfawi berharap untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi masal bagi anak U 6-11 tahun, pihaknya mendapatkan dukungan dari masyarakat dan khususnya para orang tua untuk dapat mengajak anak-anak mereka ke lokasi-lokasi vaksin yang nantinya ditentukan. Mengingat pelaksanaan vaksin sendiri adalah salah satu langkah mencegah anak-anak terpapar Covid-19.(brn)