RSUD Arga Makmur Terima PCR Bantuan BNPB

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com Untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan COVID-19, Pemkab Bengkulu Utara mendapatkan alat swab PCR dari pemerintah pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional atau BNPB.

Alat PCR tersebut sudah tiba di Arga Makmur dan telah diserahkan secara langsung oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian kepada Direktur RSUD Arga Makmur dr Herawati, Senin (30/8/2021) saat apel bersama di halaman Dinas Kesehatan.

Bupati Mian menyampaikan alat PCR dari BNPB ini akan digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yakni mendeteksi material genetik virus Corona.

PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

“Dan dengan ini semoga Kabupaten Bengkulu Utara dapat menekan angka penularan COVID-19 mengingat kita satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu yang pertama mendapatkan bantuan PCR ini, kita juga harus tetap terus menjaga protokol iesehatan,” pesan Bupati Mian.

Direktur RSUD Arga Makmur dr Herawati menambahkan, dengan adanya alat  PCR, Kabupaten BU akan dapat lebih optimal dalam percepatan penanganan Covid-19. Karena alat swab PCR yang saat ini merupakan alat yang paling akurat.

“Dengan ini semoga Kabupaten BU dapat menekan angka penularan Covid-19,” kata dr Herawati.

Herawati menambahkan, setelah ada alat swab PCR ini, RSUD tinggal mempersiapkan tempat, petugas, serta izin operasional dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan Kementerian Kesehatan. Sehingga nantinya hasil swab PCR dari RSUD Arga Makmur layak dan tidak diragukan oleh masyarakat.

“Saat ini tempat atau gedungnya sudah kita siapkan, akan tetapi tenaga atau petugas medisnya dalam proses pelatihan. Begitu juga dengan izin operasionalnya masih dalam proses. Insya Allah dalam waktu dekat semua ini telah selesai sehingga alat swab PCR dapat segera bisa digunakan,” tandasnya.  (MS.Firman/ADV)