Targetkan PBB-P2 Rp 2 Miliar, BPKD Rejang Lebong Ajak Masyarakat Sadar Pajak

BPKD Rejang Lebong ajak masyarakat sadar pajak/foto: brn

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong di tahun 2022 ini telah menargetkan jumlah penagihan pajak bumi bangunan perkotaan dan pedesaan (PBB-P2) sebesar Rp 2 miliar.

Plt. Kepala BPKD Kabupaten Rejang Lebong Andi Ferdian, SE melalui Kabid Pendaftaran dan Pendataan Linsa Mardalena menjelaskan target PBB-P2 tersebut dilakukan terhadap 80.000 lebih wajib pajak yang tersebar di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan yang ada di Kabupaten tersebut.

“Untuk tahun 2022 ini target dari PBB-P2 hanya Rp 2 milyar, jumlah ini jika dibanding tahun 2021 lalu lebih rendah. Tahun lalu targetnya sebesar Rp 2, 4 milyar,” jelas Linsa.

Guna mengoptimalkan penagihan PBB-P2 agar target tercapai, Linsa mengungkapkan pihaknya segera melakukan sosialisasi ke seluruh desa dan kelurahan. Sosialisasi ini sendiri bertujuan selain memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya PBB-P2 juga sekaligus mengajak masyarakat wajib pajak untuk taat pajak.

“Sosialisasi akan segera kita lakukan ke desa dan kelurahan, sasaran kita adalah wajib pajak yang ada di sana, tujuannya agar ada kesadaran dan keinginan masyarakat untuk taat pajak khususnya terkait dengan PBB-P2 ini,” ungkap Linsa.

Linsa menambahkan, pihaknya juga akan memasang stiker tanda lunas PBB-P2 di rumah-rumah warga yang memang sudah luas PBB-P2nya. Selain itu, Linsa meminta dukungan dari pihak desa dan kelurahan agar dapat memasukan pelunasan PBB-P2 sebagai salah satu syarat bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi pemerintahan di wilayah masing-masing.

“PBB-P2 ini adalah salah satu penerimaan asli daerah atau sumber PAD, dimana PAD ini kan gunanya untuk mendukung pembangunan daerah yang intinya akan kemmbali kemasyarakat itu sendiri, untuk itu butuh dukungan semua pihak termasuk pemerintah desa dan kelurahan agar terus mengingatkan warganya untuk membayarnya tepat waktu sebelum 30 September 2022,” akhir Linsa. (brn)