90 anak yang diberikan motivasi oleh dinakertrans BU

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bengkulu Utara tengah menggelar pendampingan kepada sekitar 90 anak-anak yang putus sekolah dan menjadi pekerja. Mereka akan dimotivasi agar mau dan bisa kembali mengecap pendidikan.
Kegiatan yang dipusatkan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Arga Makmur itu sejalan dengan target pemerintah melalui program Indonesia Bebas Pekerja Anak Menuju Tahun 2022.
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Drs. Fahrudin melalui Sekretaris Ir. Solikhun yang membuka acara Menuju Indonesia Bebas Pekerja Anak itu berharap anak-anak yang mengikuti kegiatan benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh pendamping.
“Karena ini sangat penting demi menuju masa depan anak-anak sendiri untuk mendapatkan pengalaman,” ujar Solikhun.
Kabid PHI dan Jamsos, Ketenagakerjaan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Reinhard Nababan menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah menarik anak dari tempat kerja/pekerjaan untuk diberikan motivasi melalui pendampingan untuk dikembalikan ke dunia pendidkan dengan tujuan mengurangi pekerja anak yang putus sekolah,” terang Nababan.
Selain itu, tambah Nababan, adalah dalam upaya mengurangi jumlah tenaga kerja anak. “Selain itu kita juga menarik anak rumah tangga yang sangat miskin untuk ditarik dari tempat kerjanya supaya dikembalikan ke dunia pendidikan,” katanya.
“Peserta pekerja anak tahap pertama ini baru dari Kecamatan Kota Arga Makmur sebanyak 90 orang laki-laki dan perempuan, kegiatan akan dilaksanakan selama 15 hari,” tutup Nababan.
===============
Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire