Pemkab Bengkulu Utara – Pelaku Usaha Teken MoU TJSLP Rp 582 Juta

Bupati Mian teken MoU TJSLP, Rabu (19/6/2019)/Foto: MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terus bersinergi dengan semua pihak dalam upaya percepatan pembangunan daerah, tak terkecuali dengan sejumlah pelaku usaha yang sudah berkiprah diberbagai sektor di daerah ini.
Seperti yang berlangsung pada Rabu (19/6/2019) di Balai Daerah. Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) secara resmi telah menandatangani perjanjian kerja sama kegiatan pembangunan senilai Rp 582 juta.
Penandatanganan dilakukan oleh perusahaan pelaksana kegiatan TJSLP dan diketahui oleh Ketua Forum TJSLP Ir. Ali Natsir Purba. Ikut menyaksikan Kepala Bappeda sekaligus Kepala Sekretariat TJSLP Ir. Siti Qoriah Rosydiana dan para Kepala OPD, serta perwakilan dari masing-masing dunia usaha.
Adapun anggaran kegiatan yang ditanggung oleh tujuh perusahaan itu terdiri atas 18 paket kegiatan atau pekerjaan yang tersebar di lima kecamatan, yakni Putri Hijau, Batik Nau, Air Besi, Padang Jaya, dan Napal Putih.
Adapun tujuh perusahaan yang turut menandatangani nota perjanjian kerja sama tersebut adalah sebagai berikut:

1. PT Mitra Puding Mas, dengan pekerjaan rehabilitasi RTLH, lokasi Desa Pasar Seblat, Kecamatan Putri Hijau sebanyak lima paket senilai Rp 75 juta;
2. PT Alno Agro Utama, dengan program dan pekerjaan beasiswa (Rp 225 juta) ke Universitas Ratu Samban; dan rehabilitasi RTLH di Desa Napal Putih, Kecamatan Napal Putih senilai Rp 75 juta;
3. PT Bank Bengkulu Cabang Arga Makmur, pekerjaan rehab gorong-gorong di Desa Maninjau, Kecamatan Batik Nau sebanyak dua paket dengan nilai Rp 77 juta;
4. PT Agricinal, pekerjaan rehabilitasi RTLH di Desa Pasar Sebelat, 1 paket, nilai Rp 15 juta;
5. PT Air Muring, pekerjaan rehabilitasi RTLH di Desa Pasar Sebelat, 2 paket, nilai Rp 30 juta;
6. PT BPR Dian Binarta, pekerjaan rehabilitasi RTLH di Desa Arga Mulya, Kecamatan Padang Jaya, 1 paket, nilai Rp 15 juta;
7. PT Rodateknindo Purajaya, pekerjaan pembangunan plat deuker di Desa Sungaipura, Kecamatan Air Besi, 1 paket, nilai Rp 70 juta

Dalam kesempatan itu, Bupati Mian mengatakan kerja sama pelaku usaha sangat diharapkan dalam rangka turut berperan serta membangun Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk itu Mian menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan yang berkomitmen menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan-nya.
“Kita sudah ada progres meskipun belum signifikan, kita memberikan apresiasi atas niat baik kita bersama bahwa keberadaan dunia usaha itu menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara,” ujar Mian.
Dikatakan Mian, sebagai tiga pilar pembangunan, masyarakat, pemerintah dan dunia usaha harus saling matching sehingga tercapai tujuan yang diharapkan bersama.
“Tiga pilar rakyat, pemerintah, dan dunia usaha ketika ketiganya dimatching pastinya masyarakat mendapat kepuasan, kepuasan itu ukurannya apa yang dibuat, karena kekuatan APBD kita amat sangat terbatas. Belum lagi ada posmajure, bencana dan sebagainya,” katanya.
”Kontribusi dunia usaha ini sudah mulai bisa kita rasakan. Untuk sampai sepuas-puasnya, tentunya bertahap karena perusahaan juga ada posisi naik turunnya, cash flow-nya,” lanjut Mian. “Mudah-mudahan ini terus bersikenambungan sehingga keberadaan dunia usaha itu memberikan kontribusi positif,” harap Mian.


Laporan: MS Firman