PLTA Ladang Palembang Target Uji Coba Usai Lebaran

PLTA Air Putih Ladang Palembang/foto: aka

LEBONG, sahabatrakyat.com– Proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Air Putih di Desa Ladang Palembang, Kecamatan Lebong Utara, Lebong oleh PT Bangun Tirta Lestari (BTL) sudah hampir rampung.
Sejak dimulai delapan tahun yang lalu, hingga kini pelaksanaan proyek sudah mencapai 95 persen. Bahkan jika sesuai rencana, dalam tahun ini atau sekitar Juni 2019, PT BLT menargetkan sudah bisa melakukan uji coba produksi.
“Diperkirakan sudah lebaran ini kita ujicoba produksi,” ujar Humas PT BTL proyek PLTA Air Putih, Simangunsong kepada sahabatrakyat.com, Jumat (26/4/2019).
Simangunsong menjelaskan, proyek yang dimulai sejak tahun 2011 itu memiliki target produksi arus listrik sebesar 21 Mega Watt (MW). Saat ini pihaknya tengah menggarap pekerjaan trailis untuk air turbin, air pendingin dan gardu induk. “Jadi kita selesaikan itu dulu sebelum diuji coba,” tuturnya.
Setelah produksi nanti, sampainya, arus listrik akan disalurkan ke PLN supaya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Tetap kita yang kelola, PLN hanya membeli arus listrik ke sini,” tandasnya.


Penulis: Aka Budiman