Lingkungan Keluarga Efektif Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Plt Gub Rohidin Mersyah bersama peserta seminar PAUD/foto MC Pemprov Bengkulu

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah wadah untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan pembentukan karakter anak sejak dini.
Hal itu ditegaskan Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membuka Seminar PAUD Se-Provinsi Bengkulu di Kuala Beach Hotel Bengkulu, Kamis(20/7/2017).
Menurut Rohidin, keluarga berperan strategis menopang pendidikan anak agar menjadi generasi berkualitas. Berbicara kualitas pendidikan tentunya harus didasari dari lembaga sejak dini yakni PAUD.
“PAUD dapat membentuk arah karakter anak sejak dini, oleh karena itu para pendidik menjadi orang tua kedua untuk membentuk generasi berkualitas,” ungkap Rohidin.
Plt Gub bersama peserta Seminar PAUD/foto MC Pemprov Bengkulu

Rohidin menambahkan, keluarga menjadi awal pembentukan karakter dan sikap anak. Jika dalam keluarga sudah ditanamkan sikap jujur, tanggung jawab dan mandiri pada anak tentu anak akan menjadi generasi berkualitas di masa depan.
“Tanamkan sikap mandiri, jujur dan tanggung jawab pada anak sejak dini, maka kita akan mendapatkan manfaatnya kelak,” ujar mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.
Wakil Ketua TP PKK Prov Bengkulu Derta Wahyulin menyampaikan sambutan dalam Seminar PAUD/foto MC Pemprov Bengkulu

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin, mengatakan, menjadi guru PAUD merupakan salah satu tugas yang mulia. Karena seperti diketahui karakter anak-anak PAUD bermacam-macam, sehingga dibutuhkan tehnik atau metode khusus untuk mendidik mereka.
“Tentu menjadi pendidik PAUD pekerjaan yang tidak mudah, mendidik anak-anak yang memiliki berbagai macam kebiasaan dan karakter tentu menarik. Selamat dan terima kasih kepada pendidik PAUD telah mencurahkan segala kemampuannya demi masa depan anak-anak,” tutur Derta
Seminar PAUD dengan tema “Wujudkan Pendidik yang berkarakter untuk menghasilkan generasi berkualitas” dihadiri oleh 150 peserta yang merupakan pendidik PAUD dari seluruh kabupaten/kota.
===============
Editor: JEAN FREIRE